Search

Sabtu, 30 September 2017

Komonen-komponen Mesin beserta Fungsingnya

TEKNIK DASAR OTOMOTIF

 "Komponen-komponen Mesin beserta Fungsinya"



by wayoy Jr


      1. Blok Silinder (cylinder block)
 Fungsinya sebagai tempat untuk menghasilkan energi panas dari proses pembakarn bahan bakar.
      2. Torak (piston)
Fungsinya untuk memindahkan tenaga yang diperoleh dari hasil pembakaran bahan bakar ke poros engkol melalui batang torak.
      3. Cincin Torak (ring piston)
Fungsinya mencegah kebocoran gas bahan bakar saat langkah kompresi dan langkah usaha, Mencegah masuknya oli pelumas ke ruang bakar memindahkan panas ke dinding Silinder.
      4. Batang Torak (connecting rod)
Fungsinya menerima tenaga dari piston yang di peroleh dari pembakaran bahan bakar dan meneruskannya ke poros engkol.
      5. Poros Engkol (crank shaft / As)
Fungsinya mengubah gerak naik turun torak menjadi gerak berputar yang akhirnya menggerakan roda-roda.
      6. Bantalan (bearing)
Fungsinya mencegah kehausan dan mengurangi gesekan pada poros engkol.
      7. Roda Penerus (fly wheel)
Fungsinya menyimpan tenaga putar (inertia) yang dihasilkan pada langkah usaha agar poros engkol tetap berputar terus pada langkah lainnya.
      8. Katup (valve)
Fungsinya membuka dan menutup saluran masuk dan saluran buang (saluran keluar).
      9. Pegas Katup (valve spring)
Fungsinya mengembalikan katup pada kedudukan/posisi semua dan memberi tekanan pada katup agar dapat menutup dengan rapat.
     10. Tuas Katup (rocker arm)
Fungsinya menekan katup-katup sehingga dapat membuka dengan baik.
     11. Batang Pendorong (push rod)
Fungsinya meneruskan gerakan valve livter (perabgkat katup) menuju ke Rocker Arm.
     12. Perangkat Katup (valve lifter)
Fungsinya memindahkan gerakan camshaft (poros nok) menuju ke Rocker Arm melalui Push Rod.
     13. Poros Hubungan / Poros Nok (camshaft)
Fungsinya membuka dan menutup katup sesuai dengan waktu (timming) yang telah ditentukan.
     14. Karter (oil pan)
Fungsinya menampung oli pelumas.
     15. Pena Torak (piston pin)
Fungsinya menghubungkan torak dengan konekting rod melalui lubang bushing   .
     16. Bantalan Luncur Aksial (thurst waser)
Fungsinya menahan poros engkol agar tidak bergerak atau geser maju mundur.
     17. Sabuk timming (Timming Chain)
Fungsinya menghubungkan gerak putar poros engkol ke poros nok(camshaft).
     18. Kepala Silinder (cylinder head)
Fungsinya tempat kedudukan mekanisme katup, ruang bakar, busi dan sebagai katup blok silinder.
     19. Dudukan Katup (valve seat)
Fungsinya sebagai tempat katup saat menutup.







*bila kurang tepat tolong komen di bawah.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Teknik Kendaraan Ringan

Pengertian Teknik Kendaraan Ringan Teknik Kendaraan Ringan merupakan kompetensi keahlian bidang teknik otomotif yang menekankan keahlia...